Ayah dan Bunda, ternyata aqiqah juga ada yang disebut dengan aqiqah nazar. Apa itu aqiqah nazar?

Nazar secara bahasa adalah janji (melakukan hal) baik dan buruh. Sedangkan nazar menurut pengertian syara’ adalah menyanggupi melakukan ibadah (qurbah, mendekatkan diri kepada Allah) yang bukan merupakan hal wajib (fardu ‘ain) bagi seseorang. Efek dari pelaksanaan sebuah nazar adalah perkara yang asalnya dihukumi sebagai sunnah atau fardhu kifayah menjadi hal yang wajib baginya.

Ketika hukum aqiqah yang sunnah muakkad, jika aqiqah itu dinazarkan, makan bisa menjadi wajib baginya. Tidak sedikit orang muslim melakukan aqiqah, tetapi tidak banyak yang tahu mengenai dasar hukumnya. Para ulama berpendapat, segala bentuk nazar hukumnya menjadi wajib. Begitupun ketika seseorang bernazar untuk melakukan aqiqah.

Apabila nazar tersebut ditinggalkan atau dilanggar, maka ia harus membayar kifarah karena telah melanggar sumpah. Makna Kifarat atau Kafarat secara bahasa ialah tertutup atau terselubung. Sedangkan menurut istilah Kifarat berarti suatu tebusan atau denda yang wajib dibayar oleh seseorang karena telah melakukan perbuatan tertentu yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Perlu diketahui nazae merupakan sebuah bentuk perjanjian yang dilakukan seorang muslim kepada Allah Subhanhu Wa Ta’ala. Meskipun nazar itu berkaitan dengan orang sekelilingnya atau sesama manusia. Namun jika terlanjur diucapkan, maka wajib melaksanakannya.

Terkait hukum nazar, sebenarnya semua umat muslim diperbolehkan. Namun memang alangkah baiknya tidak perlu bernazar, sebab jika sudah bernazar dapat akan berubah menjadi janji.

Aqiqah memang utamanya dilakukan ketika anak berumur tujuh hari. Tapi apabila memang belum kuasa melaksanakannya, maka tidak perlu bernazar dan lakukan saja di hari ketika sudah mampu untuk melaksanakannya. Begitulah Ayah dan Bunda bahasan kita mengenai aqiqah nazar. Jika Ayah dan Bunda merasa kerepotan dalam pengolahan untuk aqiqah, bisa percayakan saja kepada PDA Aqiqah ya Ayah dan Bunda. Kami sudah berdiri sejak 2004 dan sudah banyak dipercaya oleh Ayah dan Bunda lainnya. Informasi lebih lanjut bisa kunjungi kami di https://pda-aqiqah.com/ atau sosial media kami di @pda_aqiqah untuk mengetahui kabar terbaru dari kami.

Spread the love